Pompa oli pada sepeda motor berfungsi untuk 
menyemprotkan oli agar bercampur dengan gas baru dan masuk ke dalam 
ruang bakar. Jumlah oli yang disemprotkan ke dalam ruang bakar tersebut 
harus sesuai dengan ketentuan. Oli yang disemprotkan tidak boleh terlalu
 banyak tetapi juga tidak boleh kurang. Jika oli yang disemprotkan 
terlalu banyak mengakibatkan ruang bakar menjadi cepat kotor oleh 
kerak/arang karbon dan polusi yang ditimbulkan oleh asap gas buang. Jika
 oli yang disemprotkan kurang maka akan mengakibatkan motor menjadi 
cepat panas. Hal ini akan memungkinkan piston macet di dalam 
silindernya.
Untuk mendapatkan penyemprotan yang sesuai pompa oli 
harus disetel. Karena jenis dan macam pompa oli cukup banyak maka cara  
penyetelannya juga berbeda-beda.   
Berikut ini beberapa tipe pompa oli yang sering digunakan:
1. Pompa oli tipe plunger
Pompa oli tipe plunger sering ditemukan digunakan pada mesin kuno dengan pelumasan sistem kering.
2. Pompa oli tipe gear
Oleh putaran 2 gigi didalam rumah pompa, oli ditarik kedalam melalui lubang pemasukan dan keluar melalui lubang pengeluaran.
3. Pompa oli tipe trochoid
Disini dua rotor berputar pada kecepatan yang berbeda, sehingga menyebabkan perbedaan volume diantara dua rotor tersebut, karena adanya perbedaan volume tadi menyebabkan oli mengalir keluar dan kedalam.
Penyetelan pompa oli    Berikut ini beberapa tipe pompa oli yang sering digunakan:
1. Pompa oli tipe plunger
Pompa oli tipe plunger sering ditemukan digunakan pada mesin kuno dengan pelumasan sistem kering.
2. Pompa oli tipe gear
Oleh putaran 2 gigi didalam rumah pompa, oli ditarik kedalam melalui lubang pemasukan dan keluar melalui lubang pengeluaran.
3. Pompa oli tipe trochoid
Disini dua rotor berputar pada kecepatan yang berbeda, sehingga menyebabkan perbedaan volume diantara dua rotor tersebut, karena adanya perbedaan volume tadi menyebabkan oli mengalir keluar dan kedalam.
Amati tanda penyetelan pompa oli. Tanda penyetelan tersebut
biasanya adalah sebagai berikut:
• Pada waktu gas tangan diputar penuh maka tanda pada tuas pompa dan tanda pada rumah pompa segaris. Jika tanda tersebut tidak segaris maka perlu penyetelan pada kabel pompa.
• Pada sepeda motor Kawasaki penyetelan pompa oli dilakukan setelah mesin mencapai suhu kerja. Setelah mesin hidup pada putaran stasioner gas tangan diputar sampai putaran mesin mulai bertambah. Pada posisi ini tanda dari pompa oli harus segaris.
• Pada sepeda motor Yamaha bebek lama penyetelan dilakukan dengan mengendorkan mur pengunci kemudian baut penyetel diputar hingga tanda yang terdapat pada puli lurus dengan baut yang terdapat pada plat penyetel. Penyetelan dilakukan dalam keadaan katup gas menutup.
• Pada salah satu sepeda motor jenis bebek yang baru penyetelan dilakukan dengan mengendurkan mur pengunci kemudian mur penyetel diputar sehingga tanda pada puli penyetel sejajar di tengah-tengah mur pilip atau terletak pada jarak 1 mm dari mur tengah. Kemudian mur pengunci dikeraskan
http://coilku.com/pompa-oli-dan-penyetelan-untuk-sistem-pelumasan-mesin-empat-langkah.html

 
1 komentar:
trimkasih artikelnya ,jadi tambah ilmu. slam kenal
https://www.jualboiler.com/.../pompa-thermal-oil-mrek-ksb/
Posting Komentar