Mekanisme Katup
Mesin 4 Tak mempunyai satu atau dua katup masuk dan katup buang pada
setiap ruang bakarnya. Campuran udara-bahan bakar masuk ke silinder
melalui katup masuk dan gas bekas keluar melalui katup buang.
Sebelum lebih jauh mendalami mekanisme pembukaan dan penutupan katup
isap dan buang pada motor bakar, kita harus mengenal dahulu bagaimana
kinerja katup isap dan katup buang dalam ruang pembakaran
Tipe Over Head Valve (OHV)
Mekananisme Katup ini sederhana dan high reliability. Penempatan
camshaft-nya pada blok silinder, dibantu dengan valve lifter dan push
rod antara rocker arm
Jenis ini katupnya ada di atas kepala silinder, tetapi camshaftnya
ada di bawah (biasanya untuk mobil ada di blok silinder), karena letak
camshaft dan valve, berjauhan, maka dibutuhkan banyak mekanisme untuk
bisa membuka katup. dari camshaft melalui valve lifter, push rod dan
rocker arm.
akibat dari banyaknya mekanisme menjadikan mesin agak kasar dan
kecepatan pembukaan katup agak lambat, karena harus melalui banyak
mekanisme
Tipe Over Head Camshaft (OHC)
Pada tipe ini, camshaft diletakkan di atas kepala silinder dan cam
langsung menggerakkan rocker arm tanpa melalui lifter dan pushrod.
Camshaft digerakkan oleh poros engkol melalui rantai atau tali
penggerak. Tipe ini sedikit lebih rumit dibandingkan dengan OHV, tetapi
tidak menggunakan lifter dan pushrod sehingga berat bagian yang bergerak
menjadi berkurang. Kemampuannya pada kecepatan tinggi cukup baik,
karena katup-katup membuka dan menutup lebih tetap pada kecepatan
tinggi.
Tipe Double Over Head Camshaft (DOHC)
Dua camshaft ditempatkan pada kepala silinder, satu untuk
menggerakkan katup masuk dan yang lainnya untuk menggerakkan katup
buang. Camshaft membuka dan menutup katup-katup langsung, tidak
memerlukan rocker arm. Berat parts yang bergerak menjadi berkurang,
membuka dan menutup katup-katup menjadi lebih presisi pada putaran
tinggi.
Kontruksi tipe ini sangat rumit, kemampuannya sangat tinggi
dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya. Ada dua mekanisme katup pada
kendaraan, dua camshaft digerakkan langsung dengan sebuah sabuk (single
drive belt) atau hanya exhaust camshaft digerakkan langsung dengan satu
sabuk, dan intake camshaft digerakkan melalui sebuah roda gigi.
sumber = http://coilku.com/mekanisme-katup.html
0 komentar:
Posting Komentar