Macam Macam Bantalan
Crank pin & journal poros menerima beban yang berat saat mesin berputar, oleh karena itu diperlukan bantalan (biasa disebut metal) yang dilumasi oli untuk mengurangi beban gesekan tersebut agar mesin bisa berputar lembut dan mendapatkan performa yang bagus.
Macam Bantalan
Pada poros engkol dan bagian lain yang berputar
dengan kecepatan tinggi dan berbeban berat biasanya menggunakan bantalan
tipe sisipan (insert type bearing). bantalan tipe ini mempunyai
kemampuan untuk mencegah gesekan yang baik.
Berikut beberapa tipe dari bantalan sisipan:
a. Logam Putih
Logam putih adalah lapisan baja yang dilapisi timah
putih, timah hitam, seng dan bahan lain, tipe ini biasanya digunakan
pada mesin dengan beba ringan.
b. Logam Kelmet
Logam kelmet adalah lapisan baja yang dilapisi timah
hitam dan tembaga, logam kelmet lebih kuat dan tahan lama dibandingkan
dengan logam putih, oleh karena itu biasanya digunakan pada mesin yang
berbeban labih tinggi.
c. Alumunium
Pada tipe ini lapisan baja dilebur dengan alumunium,
sehingga tipe ini memiliki efek pelepasan panas yang bagus, tipe ini
sekarang lebih populer dan banyak digunakan pada mesin bensin.
Celah Oli Bantalan
Pada bantalan tersebut selain harus memiliki bahan
yang bagus juga memerlukan pelumasan untuk meminimalisir keausan, nah
agar oli bisa mengalir pada bantalan, diperlukan celah yang cukup. Pada
umumnya celah oli ini berkisar antara 0,02-0,06 mm dan bisa berbeda pada
tiap tipe mesin.
0 komentar:
Posting Komentar